Pemahaman Tentang Penyakit Jantung

Dalam dunia medis, penyakit jantung dikenal dengan sebutan penyakit jantung koroner. Penyakit ini muncul akibat adanya kerusakan pada pembuluh darah utama. Dimana bagian inilah yang menyuplai darah ke organ jantung. Penyebab timbulnya penyakit ini adalah adanya peradangan dan tumpukan kolesterol jahat pada pembuluh darah. Saat terjadi penumpukkan plak atau kolesterol maka pembuluh darah koroner dalam tubuh akan menyempit. Akibatnya, suplay oksigen dan aliran darah yang harusnya menuju jantung jadi tersumbat. Aliran darah serta suplai oksigen yang berurang dapay menyebabkan sesak napas dan rasa nyeri di bagian dada. Puncaknya adalah ketika aliran darah yang seharusnya menuju jantung malah terhambat secara total. Kondisi ini dikenal dengan istilah serangan jantung. Perlu diketahui bahwa penyakit pada jantung koroner ini merupakan salah satu penyebab angka kematian yang paling tinggi di dunia. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang selalu berupaya untuk mencegah munculnya penyakit mematikan ini.

 

Macam-macam Penyakit Jantung

 

Berdasarkan hambatan aliran darahnya, penyakit jantung koroner dibedakan menjadi dua jenis yakni serangan jantung atau angina atau angin duduk. Penyakit ini harus ditangani dengan segera. Berikut ini adalah penjelasan tentang serangan jantung dan angin duduk.

  1. Serangan jantung

Serangan jantung akan terasa saat aliran darah menuju jantung benar-benar terhambat sepenuhnya. Tanda atau gejala orang yang terkena serangan jantung adalah munculnya rasa nyeri yang terasa sangat menyakitkan pada bagian jantung, sesak napas, pusing, panik dan lemas. Jika sudah terkena serangan jantung, maka pihak medis harus melakukan penanganan dalam hitungan menit. Karena jika terlambat sedikit saja, maka otot jantung akan rusak secara permanen.

  1. Angina

Angina seringkali dikenal dengan sebutan angin duduk di kalangan masyarakat Indoesia. Penyakit angina ini terjadi akibat kurangnya otot jantung mendapatkan suplai darah dikarenakan pembuluh darah yang menyempit. Serangan angina ini umumnya berlangsung hanya selama beberapa menit karena stress atau aktivitas tertentu. Gejalanya juga beragam, diantaranya adalah mual, gelisah, pusing, lelah dan sesak napas.

Jika Anda merasa mengalami gejala-gejala penyakit jantung seperti yang dijelaskan di atas, maka sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penanganan dengan cepat. Jika Anda menderita diabetes tipe 2, silahkan melihat artikel tentang obat diabetes alami sebagai referensi.

 

Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

 

Penyakit jantung koroner seringkali disebabkan oleh banyak hal. Hanya saja penyebab yang paling sering adalah karena pola makan yang tidak sehat. Pola makan yang dianggap tidak sehat diantaranya adalah sering mengkonsumsi makanan cepat saji, minuman bersoda, merokok, minum alkohol, jarang berolahraga, dan lain sebagainya. Karena kebiasaan buruk tersebutlah terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi mematikan. Salah satu komplikasi yang sering dialami oleh penderita penyakit jantung koroner adalah sesak napas. Hal ini dikarenakan kinerja jantung yang menurun sehingga tidak mampu memompa darah dengan maksimal. Akibatnya, cairan dalam paru-paru menumpuk dan menyebabkan penderita mengalami kesulitan bernapas. Jika sudah sampai di tahapan seperti ini, maka dunia medis menyebutnya dengan istilah gagal jantung. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  • Mulai menerapkan pola hidup yang sehat seperti rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kolesterol tinggi, berolahraga secara teratur dan meminum air putih secara rutin.
  • Berhenti merokok.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal dan sehat.
  • Rajin mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Tidak konsumsi minuman keras.

 

Leave a Reply