Hadist Tentang Sabar Dalam Menghadapi Cobaan

Saat dihadapkan pada cobaan yang datang bertubi-tubi, kita memang diharapkan untuk terus bersabar menghadapinya. Banyak hadist tentang sabar bisa kita jadikan sebagai pedoman. Bersabar terutama harus dilakukan oleh seorang Muslim yang tengah dilanda cobaan. Sakitnya seorang Muslim akan membuat Allah menghilangkan dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan, seperti halnya api yang dapat menghilangkan kotoran pada emas serta perak. Cobaan dapat menimpa diri kita secara langsung ataupun orang lain yang kita sayangi, seperti keluarga dekat ataupun teman-teman. Dari cobaan itulah akan terlihat kadar keimanan seorang Muslim. Seseorang yang dilanda cobaan akan dapat bersabar ataupun marah-marah dan tidak ridha akan takdir Allah. Seperti tertuang dalam Quran Surat Asy-Syura ayat 33 bahwa terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah pada tiap orang yang bersabar serta banyak bersyukur. Allah juga turut memuji orang-orang yang sabar serta akan sangat dicintai oleh Allah. Orang yang bersabar juga akan mendapat balasan dari Allah serta akan dilipatgandakan amalannya tanpa terhitung.

Aneka Hadist Tentang Sabar

Semua ini adalah balasan bagi orang-orang yang telah bersabar dalam menghadapi cobaannya. Ada banyak hadist tentang sabar yang menjelaskaan keutamaan bersabar serta perintah untuk bersabar.

  1. Dari Shuhaib Radhiyallahu anhu, Rasulullah bersabda bahwa urusan orang mukmin sangat menakjubkan dan semua urusannya adalah baik. Jika mendapat kelapangan dan bersyukur, maka hal itu akan dihitung kebaikan baginya. Sementara apabila ditimpa kesempitan dan bersabar, maka itu juga adalah kebaikan baginya.
  2. Dari Sa’id bin Abi Waqqash, dikatakan oleh Rasulullah bahwa orang yang paling keras cobaannya adalah mereka yang oara nabi serta orang-orang pilihan. Seseorang akan diuji menurut agamanya. Jika agamanya kuat, maka cobaannya juga akan berat. Apabila dalam agamanya ada kelemahan, maka seseorang akan diuji menurut agamanya tersebut.
  3. Dari Abu Sa’id Al Khudry, dijelaskan bahwa ia memasuki tempat Rasulullah dan beliau tengah demam. Diletakkannya tangannya di badan beliau dan panasnya terasa di atas selimut. Rasulullah menjelaskan bahwa begitulah para nabi, di mana cobaan mereka dilipatgandakan dan pahala mereka juga ditingkatkan.
  4. Dari Abu Hurairah dikatakan bahwa cobaan akan tetap menimpa orang mukmin, anak serta hartanya, sampai dengan dia bersua Allah dan pada dirinya tidak akan ada lagi satupun kesalahan.
  5. Dari Abi Sa’id Al Khudry dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa segala cobaan yang menimpa seorang mukmin seperti sakit, letih, sedih dan khawatir akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah.

 

Hadist Tentang Sabar Dalam Menghadapi Kematian

Salah satu cobaan besar yang menimpa manusia adalah saat ditinggalkan oleh orang-orang terkasih. Hadist tentang sabar juga turut menyinggung seputar kesabaran seseorang yang ditinggal pergi oleh orang terkasih. Bagaimanapun, kematian adalah hal yang pasti akan dilalui oleh tiap manusia dan tidak kita tidak bisa menolaknya. Ditinggalkan selama-lamanya oleh orang yang begitu dicintai tentu adalah cobaan berat namun harus tetap dihadapi dan kita juga harus bersabar. Akan ada rencana lebih baik yang disiapkan Allah ke depannya. Seperti tersebut dalam perkataan Abud-Darda’ Radhiyallahu anhu bahwa Allah telah menetapkan suatu takdir, sehingga yang paling dicintai oleh-Nya adalah mereka yang meridhai takdir-Nya. Untuk meringankan beban dari keluarga yang ditinggalkan terutama dalam hal pengurusan jenazah, maka tersedia layanan dari Al Azhar Memorial Garden yang bisa dimanfaatkan. Demikian uraian seputar hadist yang membahas tentang sabar bagi para mukmin.

Leave a Reply